100 Blog Indonesia Terbaik

Selasa, 05 Januari 2010

Tantangan Ekonomi 2010


Krisis moneter 2009 sudah berlalu tapi dampaknya masih cukup terasa. Saat ini tantangan ekonomi 2010 yang akan kita hadapi. Berikut sejumlah tantangan ekonomi Indonesia:
  1. Investasi, baik swasta maupun pemerintah diharapkan menaikkan investasi untuk menjadi mesin pendorong pertumbuhan ekonomi nasional, membuka lapangan kerja, dan menaikkan pendapatan per kapita masyarakat.
  2. Cadangan devisa, stabilitas ekonomi nasional dapat dilihat dari sisi cadangan devisa yang dimiliki. Pada November 2009 Indonesia memiliki 65.844 miliar dollarAS cadangan devisa.
  3. Kredit bank, kredit perbankan yang disalurkan setiap tahun terus naik. Pada tahun 2008 kredit yang disalurkan 1.295 triliun rupiah, dan tahun 2009 sebesar 1.381 triliun rupiah.
  4. Kinerja ekspor, selisih antara ekspor dan impor ikut mengangkat pertumbuhan ekonomi, tetapi ekspor Indonesia bukan menjadi mesin pertumbuhan utama.
  5. Hambatan investasi, masih banyaknya peraturan daerah yang tidak jelas, ekonomi biaya tinggi, infrastruktur tidak memadai, kebijakan suku bunga yang tinggi, penegakan hukum yang masih lemah.
Semoga semua tantangan ekonomi yang akan dilalui dapat berakhir dengan baik. Sehingga rakyat Indonesia dapat hidup lebih sejahtera, dan para investor tidak takut untuk berinvestasi di Indonesia.
(sumber bank indonesia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar