100 Blog Indonesia Terbaik

Minggu, 03 Januari 2010

Gus Dur menjadi Pahlawan Nasional?


KH.Abdurrahman Wahid atau Gus Dur yang merupakan mantan Presiden RI ke-4 dan mantan Ketua PBNU telah meninggal dunia.
Saat ini perdebatan apakah Gus Dur akan menjadi pahlawan nasional tampaknya akan berakhir. Banyak dukungan dari partai-partai politik besar untuk jadikan Gus Dur sebagai pahlawan nasional. Ini tidak lepas dari jasa-jasa beliau kepada negara serta sebagai anggota dewan syuro NU.
Apa saja yang sudah beliau berikan kepada negara?
1. beliau membuka pintu gerbang demokrasi.
2. beliau persilahkan budaya tionghoa menjadi budaya nasional.
3. beliau menerapkan prinsip hidup sederhana.
Tetapi tidak ada yang lebih besar jasa beliau selain membuka kedamaian bagi rakyat untuk bebas beragama. Beliau sangat mengecam praktek-praktek yang memaksakan agama masing-masing kepada orang lain.
Dalam politik, beliau tidak lepas dalam kontroversi. Dikutip wawancara Jaya Suprana (apa kabar indonesia, tv one) sebenarnya beliau diperalat oleh beberapa kelompok yang mengandalkan karisma beliau terhadap pendukungnya untuk masuk ke area politik. Beliau tidak pernah berniat untuk dirikan partai politik ataupun presiden RI. Tetapi hal itu membuktikan bahwa Gus Dur adalah orang yang berpengaruh baik untuk NU ataupun negara.
Setidaknya bagi para generasi muda bisa mengikuti jejak yang telah ditinggalkan Gus Dur. Dibalik kesan humoris dan 'asal', tidak dapat dipungkiri bahwa beliau termasuk salah satu pemikir hebat yang dimiliki Indonesia. Segala kontroversi dan perilakunya yang nyentrik, beliau tetap pemikir jenius yang pantas di anugerahi gelar Pahlawan Nasional.
Selamat Jalan Gus Dur...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar