100 Blog Indonesia Terbaik

Minggu, 03 Januari 2010

Pandangan Internasional terhadap Indonesia


Krisis ekonomi yang lalu, ternyata membawa dampak yang cukup 'menggembirakan' bagi negara-negara berkembang. Yaitu negara berkembang dianggap lebih tahan resesi daripada negara maju.

Indonesia sebagai negara berkembang telah menjadi pasar yang besar bagi negara maju setelah China dan India. Indonesia sangat berpeluang menggeser China dan India, karena Indonesia memainkan berbagai peran penting dalam komunitas internasional. Sebut saja G-20, dan tokoh kunci dalam ASEAN.

Lantas mengapa Indonesia gagal bersaing dengan Malaysia? Ada beberapa jawaban yang menarik seputar masalah tersebut, salah satunya adalah Indonesia lemah dalam HUMAS. Kita bisa lihat bahwa Malaysia sangat gencar mempromosikan negaranya melalui pariwisata, sehingga Malaysia lebih terkenal di luar negeri. Jadi mengapa kita tidak mempromosikan Indonesia? HUMAS Indonesia harus lebih berani dan kreatif dalam mempromosikan Indonesia.

Ada beberapa pendapat internasional yang mengatakan bahwa masalah pokok Indonesia sebenarnya adalah korupsi. Korupsi yang menyebabkan segala peraturan dan perundang-undangan menjadi tidak berlaku. Jika Indonesia bisa bebas dari korupsi, maka tentunya kesejahteraan rakyat akan meningkat.

Tetapi apakah pandangan internasional terhadap Indonesia fokus pada hal-hal negatif? Tidak. Dunia internasional mengakui keberhasilan Indonesia dalam menumpas terorisme, menjadi penyeimbang dalam PBB, menjadi negara yang mewakili umat Islam, menjadi negara yang mempunyai sikap toleransi beragama tertinggi.

Jadi, Indonesia dapat menduduki dan berperan dalam dunia internasional. Sekarang tergantung dari kebijakan pemerintah.

Semoga negara Indonesia jaya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar