100 Blog Indonesia Terbaik

Senin, 03 Desember 2012

Mencegah Kesalahan dalam Pola Latihan


     Pola latihan yang benar akan memberikan dampak yang signifikan pada tubuh kita. Umumnya para pemula dalam fitness di gym masih sering melakukan kesalahan baik dalam postur tubuh maupun dalam menggunakan beban berat.
       Berikut ini kesalahan yang umum dilakukan dalam pola latihan:
  • Memulai latihan dengan beban yang berat
      Latihan apapun sebaiknya dimulai secara bertahap. Hal ini dilakukan agar tubuh mudah dapat beradaptasi. Mulailah dengan beban yang ringan terlebih dahuludan tambahkan beban sesuai kemampuan.
  • Menentukan target yang berlebihan
       Tentukan target yang realistis. Umumnya fat loss dalam 1 minggu bisa turun sebanyak 2kg. Jalankan program latihan dengan disiplin dan teratur. Tidak ada hasil besar dalam waktu singkat.
  • Melakukan latihan yang sama
      Saat tubuh sudah beradaptasi, tingkatkan latihan anda. Hal ini agar anda tidak terjebak dalam kebosanan, dan agar otot anda terus berkembang.
  • Latihan tiap hari
      Tubuh memerlukan waktu istirahat untuk pemulihan dari latihan. Berlatih setiap hari dapat membuat katabolisme otot. Usahakan 1-2 hari dalam seminggu untuk waktu istirahat.
  • Tidak warming-up (pemanasan)
      Warming-up bertujuan melancarkan peredaran darah dan mempersiapkan tubuh untuk menghadapi latihan utama. Hal ini penting untuk mencegah terjadi kram otot.

    Bagi para pemula yang ingin fitness di gym sebaiknya menyewa Personal Trainer atau bersama dengan orang yang sudah memahami pola latihan dan postur latihan yang benar. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar