100 Blog Indonesia Terbaik

Kamis, 21 Maret 2013

Program Diet Populer di Dunia

     Disini terdapat 6 jenis diet yang populer atau banyak digunakan orang di dunia. Anda bisa mengikuti salah satu jenis diet ini tetapi pastikan anda mengetahui kondisi tubuh anda setelah atau saat menjalani program diet ini. Bisa saja program diet ini tidak cocok untuk semua orang, karena itu saya sarankan untuk benar-benar memahami dan mengetahui kondisi tubuh anda.

1. Diet 17 Hari
   Ketika pertama kali memulai program diet, pencernaan anda menggunakan lebih banyak energi untuk beradaptasi. Tapi ketika tubuh telah terbiasa, anda membakar lebih sedikit energi sehingga penurunan berat badan melambat. Karena itu buatlah siklus selama 17 hari.
   - Picu penurunan dengan mengurangi asupan karbohidrat dan tingkatkan protein
   - Selang-seling hari rendah dan tinggi kalori untuk meningkatkan metabolisme
  Hambatan terbesar adalah kebosanan dan kemandekan, jadi bersabarlah dalam program diet ini.

2. The Body Fat Solution
    Program ini lebih kepada aktualisasi diri dan faktor emosional. Dimana stres, kesedihan, tekanan sosial adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan seseorang makan sembarangan.
    Luangkan waktu anda selama 15 menit untuk meditasi dan membayangkan anda re-life. Bayangkan anda dapat mencapai semua mimpi anda. Ketika pikiran anda tenang maka anda lebih mudah untuk menurunkan berat badan.

3. Vegetarian
  Pastikan anda mencukupi makanan nabati pada setiap makanan dan mengkonsumsi protein sesuai kebutuhan. Cukupi kebutuhan protein dari tempe, tahu, kacang-kacangan, buah. Dalam beberapa kasus, pola ini menyebabkan tubuh terasa lemas,sehingga perhatikan kondisi tubuh anda.

4. Intermittent Fasting (IF)
    Dasarnya adalah memperlebar waktu antar jam makan dan memilih makanan segar yang belum diproses dan mengurangi konsumsi kalori secara keseluruhan. Protokol dalam IF:
    - Warrior diet = 20 jam berpuasa + 4 jam makan
    - Lean Gain    = 16 jam puasa + 8 jam makan
    - Alternatif puasa = 36 jam puasa + 12 jam makan
    - Makan, Berhenti, Makan = 24 jam puasa, sekali atau dua kali dalam seminggu
    - Meal skipping = singkat, puasa acak

    Ashton Kutcher menggunakan program diet ini dalam peran film Jobs memerankan Steve Jobs, bobotnya berkurang drastis tetapi menyebabkan tubuhnya lemas dan fungsi tubuh menurun. Perhatikan kondisi tubuh anda jika memulai program ini!

5. Blueprint Primal
   Dasarnya adalah program ini mendorong anda makan sebanyak mungkin daging, ikan, telur, kacang, sayuran. Tidak ada rekomendasi interval makan, porsi, rasio makronutrien, atau perhitungan asupan kalori.

6. Diet 5 Faktor
   Program ini adalah 3x makan ditambah 2x makan ringan (snack) ditempatkan dalam jeda waktu yang rata. Ini adalah program diet yang umum dilakukan banyak orang. Banyak trainer dan juga praktisi kesehatan menyarankan diet ini karena program ini menjalankan keseimbangan. Makan tidak dalam porsi banyak, tetapi pemenuhan nutrisi mutlak diperlukan.
   - Karbohidrat = ubi, nasi merah, kacang, buah
   - Protein         = telur, daging, seafood, yoghurt, kedelai
   - Serat            = 10gr sekali makan, banyak terdapat dalam sayuran hijau
   - Lemak sehat = minyak ikan, alpukat, minyak zaitun, susu tanpa lemak
   - Minuman      = air mineral, teh hijau, whey protein
    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar