100 Blog Indonesia Terbaik

Rabu, 13 Februari 2013

Monorail Jakarta

   Sebentar lagi Jakarta akan mempunyai monorail. Ya kabar ini bukan isapan jempol, 90% dokumen untuk pelaksanaan monorail ini hampir rampung. Diperkirakan awal 2014 monorail sudah dapat beroperasi.
  Hebatnya, monorail ini adalah produksi dalam negeri. Yaitu PT. Melu Bangun Wiweka (MBW) yang merakit monorail ini. Sekitar 80% menggunakan komponen lokal, sisanya yang import adalah komponen motor dan traksi. 
   Menurut spesifikasi, monorail ini memiliki enam gerbong dan dapat mengangkut penumpang sekitar 768. Dengan konsumsi listrik 1.080 KW, monorail ini sebenarnya lumayan irit. Tapi kendalanya adalah monorail buatan PT MBW ini belum memiliki arena uji coba yang memenuhi standar, sehingga tugas pemerintah untuk memberikan landasan uji coba yang mumpuni.
   Jangan dibandingkan dengan monorail di china yang sudah menggunakan magnet atau maglev. Monorail dalam negeri ini masih menggunakan rel seperti kereta api. Tidak apa terlambat yang penting tetap mau belajar untuk lebih bagus lagi. Go Monorail Lokal!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar