100 Blog Indonesia Terbaik

Jumat, 03 Desember 2010

Wikileaks The New James Bond

Beberapa tahun belakangan ini nama Wikileaks makin santer terdengar di dunia. Sekarang bahkan situs tersebut telah di block oleh beberapa negara. Kenapa Wikileaks sampai menakutkan beberapa negara, termasuk negara adidaya seperti AS dan sekutunya?

Wikileaks adalah sebuah organisasi internasional non-profit yang bermarkas di Swedia berdiri sejak tahun 2006. Organisasi ini didirikan oleh disiden politik, jurnalis, matematikawan, serta teknolog dari beberapa negara di seluruh dunia. Wikileaks di pimpin oleh Julian Assange seorang jurnalis (beberapa ada yang menyebutnya white hacker) dari Australia yang sekarang menjadi buronan Interpol.

Pada Juli 2010, Wikileaks membocorkan dokumen-dokumen rahasia AS pada perang Afganistan yang isinya ada yang menyebutkan untuk tutup mata terhadap penyiksaan dan pembunuhan warga sipil yang mencapai 15.000 korban. Selain itu Wikileaks juga membocorkan dokumen yang isinya bahwa Arab Saudi sebagai sekutu utama AS di timur tengah, meminta AS agar menghancurkan nuklir Iran.

Dan yang hangat di bincangkan sekarang dokumen rahasia AS tentang Indonesia. Isinya antara lain adalah :
  • Menekan Indonesia agar menerima pasukan internasional di Timor Timur
  • Menghentikan kerja sama militer AS dan Indonesia serta mengancam memberi sanksi bila tidak bekerja sama mengendalikan milisi dan pengungsi Timor Timur
  • Mendukung keputusan IMF dan Bank Dunia untuk menghentikan bantuan untuk Indonesia saat krisis ekonomi
  • SBY di juluki sebagai The Thinking General
  • Jika Wiranto sebagai presiden Indonesia, maka hubungan AS-Indonesia bisa memburuk.
Dokumen-dokumen rahasia yang bocor sangat merugikan kredibilitas AS sebagai "polisi dunia" dan "pejuang HAM". Ternyata "negara pejuang HAM'" tersebut banyak melakukan pelanggaran HAM pada saat perang Afganistan dan Irak. Tidak hanya AS yang rugi, negara-negara sekutu pun juga merugi seperti Arab Saudi pada kasus di atas.

Titik penting pada gejolak ini adalah Wikileaks membuka mata kepada Internasional bahwa konspirasi, kejahatan selalu di bolehkan selama untuk mencapai tujuan suatu negara. Tidak salah memang jika Wikileaks dijuluki sebagai The New James Bond.

Wikileaks web 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar