100 Blog Indonesia Terbaik

Senin, 13 Desember 2010

Indoleaks Indonesia Hopes

Indoleaks adalah situs seperti Wikileaks yang didirikan untuk membongkar informasi-informasi yang tidak sampai ke publik atau mengkoreksi informasi-informasi yang sampai ke publik.

Pertama kali diluncurkan pada tanggal 10 Desember 2010, tidak lama setelah peluncuran server Indoleaks mengalami gangguan karena banyaknya traffic ke situs tersebut. Beberapa informasi yang coba dibuka Indoleaks adalah tentang G30S PKI, Lumpur Lapindo, Investigasi kasus Munir, Transkip rahasia antara Soeharto dengan petinggi-petinggi Amerika Serikat.

Kemunculan Indoleaks mengagetkan pemerintah Indonesia, karena kita tahu sendiri bahwa banyak sekali kasus-kasus di Indonesia terutama kasus-kasus besar seperti Munir, Gayus, Mafia-mafia hukum dan pajak, Marsinah, dan banyak lagi tidak dapat diselesaikan. Bahkan kemunculan Indoleaks ini mendapat dukungan dari Wikileaks seperti di katakan dalam akun twitter Wikileaks "Indoleaks - a WikiLeaks-style site that launched in Indonesia on Friday - has already published many sensitive docs".

Saya hanya berharap kehadiran Indoleaks dapat membuka bobroknya pemerintahan, sehingga generasi selanjutnya Indonesia dapat menerima kehidupan dan demokrasi yang lebih baik dari hari ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar